Prospek Bisnis Perumda Tirta Karajae Meluas, Target Deviden ke Pemkot Parepare.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Parepare yang kini berubah menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Karajae Parepare membidik prospek bisnis lebih meluas pada 2022.

Itu karena setelah menjadi Perumda, orientasi bisnis tidak lagi terbatas pada air minum atau air bersih, tapi bisa lakukan upaya bisnis lain untuk mendapatkan keuntungan.

Hal ini diungkap Direktur Perumda Tirta Karajae Parepare, Andi Firdaus Djollong dalam konferensi pers penghujung 2021 di Kantor Perumda Tirta Karajae, Jumat, 31 Desember 2021.

“Hal pertama agenda PDAM pada 2022 adalah penyesuaian tarif. Itu sesuai rekomendasi BPK, dan hasil konsultasi dengan BPKP. Rencana penyesuaian tarif ini akan kita laporkan ke DPRD, kemudian kita konsultasi publik agar masyarakat paham kondisi yang mengharuskan PDAM melakukan penyesuaian tarif,” ungkap Andi Firdaus.

Andi Firdaus mengemukakan, penyesuaian tarif ini baru dilakukan setelah 8 tahun. Itu pun idealnya seharusnya penyesuaian tarif dilakukan sejak 2019, namun karena saat itu terjadi pergantian direksi, kemudian 2020 dan 2021 terjadi pandemi Covid-19, sehingga ditunda. Nanti di awal 2022 ini baru bisa dilakukan.

Target Perumda Tirta Karajae lainnya pada 2022 adalah memperluas orientasi bisnis. Rencananya, Perumda Tirta Karajae membidik bisnis air minum kemasan isi ulang (galon).

“Air minum kemasan isi ulang ini akan kita jual dengan harga sangat ekonomis dan terjangkau. Dan beberapa target bisnis lainnya akan kita lakukan. Karena target kami pada 2022 sudah bisa memberikan deviden kepada Pemerintah Kota Parepare,” tegas Andi Firdaus yang merupakan mantan Wakil Ketua DPRD Parepare.

Sejauh ini nilai penyertaan modal Pemkot Parepare ke PDAM (Perumda) sudah Rp70 miliar.

Meski belum memberikan deviden, namun oleh Pemkot Parepare, PDAM dinilai sudah memberikan kontribusi positif bagi daerah.

Terbukti pada Pemberian Reward Pajak Daerah 2021 yang diadakan Pemkot Parepare, Kamis, 30 Desember 2021, PDAM diganjar penghargaan atas sinergitasnya dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Parepare.

 

Sumber : https://suaraya.news/2022/01/01/jadi-perusahaan-umum-prospek-bisnis-perumda-tirta-karajae-meluas-target-deviden-ke-pemkot-parepare/