PAM Tirta Karajae Diingatkan Agar Edukasi Masyarakat Penggunaan Air Tanah

Penggiat Mata Air Parepare Amri Kalbu, merespon positif adanya  aturan Kementrian ESDM tentang penggunaan air tanah sebagai upaya pemerintah dalam menjaga menjaga keberlanjutan air tanah.

Menurutnya, PAM Tirta Karajae Parepare dan Pemerintah Daerah perlu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai permasalahan mendasar seputar konservasi air tanah. "Persoalan air tanah perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah, apalagi Kementrian ESDM sudah menerbitkan aturan," ungkap Amri.

Ia menambahkan, momentum penertiban eksploitasi air tanah tak berizin ini bisa menjegah krisis iklim. "Sudah saatnya kita menata hubungan baik dengan alam, salah satunya menjaga keberlangsungan penggunaan air dengan baik," jelasnya.

Dihubungi terpisah, Manager Teknik PAM Tirta Karajae La Odi membenarkan dampak yang di timbulkan apabila masyarakat menggunakan air tanah secara berlebihan. "Eksploitasi air tanah berlebihan akan menyebabkan kerugian lingkungan dan materi yang cukup besar seperti penurunan jumlah debit air, penurunan muka air tanah, intrusi air laut dan penurunan mutu air tanah," bebernya. Rabu 20 Desember 2023.

Upaya mencegah dampak,  dari pemerintah dalam hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Energi  dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia  Nomor 291.K/GL. Di/MEM.G/2023, tertanggal : 14 September, 2023 Tentang standar penyelenggaraan persetujuan penggunaan air tanah. "Jadi, standar pelayanan persetujuan penggunaan air tanah untuk pemohon debit penggunaan air tanah  kurang dari atau sama dengan 2 (dua) liter perdetik dari 1 (satu) sumur bor/gali harus bermohon surat ," Terang La Odi.

Ia menghimbau kepada para pengembang atau developer, hotel , restoran , usaha galon dan masyarakat pada umumnya yang  menggunakan sumur bor untuk mematuhi Peraturan Menteri ESDM.

"Tujuan untuk menjaga  keberlangsungan penggunaan air dan melestarikan lingkungan dengan baik demi keberlangsungan hidup  anak-anak cucu kita ke- depan." ucapnya.

Sumber : PDAM Parepare Diingatkan Agar Edukasi Masyarakat Penggunaan Air Tanah (portalmedia.id)